Besok Muhammadiyah Tuban Gelar Shalat Idul Adha di 47 Titik: Perbedaan dengan Pemerintah dan NU Itu Rahmat!

| -
Besok Muhammadiyah Tuban Gelar Shalat Idul Adha di 47 Titik: Perbedaan dengan Pemerintah dan NU Itu Rahmat!
SHALAT IDUL ADHA: Ilustrasi shalat Idul Adha yang digelar di lapangan terbuka. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

TUBAN, Barometer Jatim – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriyah jatuh pada Rabu (28/6/2023) besok. Di Kabupaten Tuban, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat menyiapkan tempat shalat di 47 titik 17 kecamatan.

“Lokasi terbanyak ada di Kecamatan Palang, yakni 13 titik. Kemudian di Kecamatan Tuban Kota, Soko, Semanding, dan Bancar masing-masing ada 4 titik,” terang Sekretaris PDM Tuban, Edi Utomo saat ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Tuban, Selasa (27/6/2023).

Pelaksanaan shalat Idul Adha tersebut, lanjut Edi, berdasarkan hasil hisab yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, yang kemudian dituangkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah tentang penetapan dan penentuan hisab hakiki pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2023.

“Sesuai dengan instruksi dari Muhammadiyah pusat, kami akan melaksanakan shalat Idul Adha pada 28 Juni 2023,” imbuhnya.

| Baca juga:

Edi mengimbau kepada umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah di Tuban, agar saling menghormati dan merayakan Idul Adha secara wajar.

Menurutnya, perbedaan Idul Adha dengan pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) merupakan salah satu rahmat yang harus dinikmati dan dirasakan sebagai anugerah dari Allah Swt.

“Mari kita laksanakan Idul Adha ini dengan baik, dengan benar, sesuai yang telah kita yakini dan marilah kita rayakan dengan wajar serta saling menghormati satu sama lain. Bahwa perbedaan ini adalah salah satu rahmat dan anugerah dari Allah Swt,” paparnya.

Terkait penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini, menurut Edi, diserahkan ke masing-masing pimpinan cabang maupun ranting.

“Jadi nanti penyembelihan kurban, ada yang melaksanakan hari Rabu dan ada yang dilaksanakan Kamis berbarengan dengan saudara-saudara kita dari NU,” ungkapnya.

| Baca juga:

Sementara untuk mengantisipasi adanya kendala atau halangan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha, PDM Tuban sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

“Tapi secara prinsip secara mandiri dan itu (pengamanan) biasa kami lakukan, insyaallah tidak ada persoalan,” tegasnya.

Edi menambahkan, Pemkab Tuban juga memberikan dukungan serta memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha yang digelar Muhammadiyah.{*}

| Baca berita Idul Adha. Baca tulisan terukur Hamim Anwar | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.