Prabowo-Gibran Menang Tebal di TPS Sekitar Pesantren Jaga Nusantara, Gus Hans: Sumbangsih Besar untuk Satu Putaran!

| -
Prabowo-Gibran Menang Tebal di TPS Sekitar Pesantren Jaga Nusantara, Gus Hans: Sumbangsih Besar untuk Satu Putaran!
BERSYUKUR: Pengurus Jaga Nusantara, bersyukur Prabowo-Gibran menang sekali putaran versi quick count. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subainto-Gibran Rakabuming Raka menang tebal di kisaran 58% versi hitung cepat (quick count) semua lembaga survei.

Kemenangan tersebut dipandang tak lepas dari kontribusi pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes), terutama para gus yang tergabung dalam Jaringan Gawagis (Jaga) Nusantara. Mereka ini sejak awal bergerak masif keliling Indonesia, bahkan menyisir pemilih di luar negeri untuk mewujudkan menang satu putaran.

Saat coblosan pun, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar pesantren asuhan Jaga Nusantara dimenangkan Prabowo-Gibran.

“Fakta yang dikumpulkan tim IT memperlihatkan, bahwa 90% lebih TPS di dekat pesantren yang tergabung dalam Jaga Nusantara dimenangkan Prabowo-Gibran. Hal ini menjadi sumbangih yang sangat besar untuk misi kemenangan satu putaran,” kata Ketua Umum Jaga Nusantara, KH Zahrul Azhar As’ad, Kamis (15/2/2024).

Kiai muda Pengasuh Ponpes Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang yang akrab disapa Gus Hans itu mencontohkan di TPS 06 Dusun Wonosari, Desa Poncol, Magetan.

Di TPS dekat Ponpes Unggulan An Najah YPM Darul Ulum asuhan KH Agus Habib Mustofa yang juga Sekjen Jaga Nusantara itu, Prabowo-Gibran meraup 177 suara dari 297 suara sah. Posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 32.

SISIR SUARA: Jaringan Gawagis Nusantara saat menyisir suara untuk Prabowo-Gibran di Cirebon. | Foto: IST

Alhamdulillah saya besryukur hasil dari pemilihan di TPS tempat saya mencoblos, pasangan 02 unggul telak,” kata Gus Toev -- sapaan akrab KH Agus Habib Mustofa.

“Bahkan laporan dari tim, di 15 TPS yang berdekatan dengan pesantren kami, paslon 02 unggul sekitar 75-90%. Insyaallah sekali putaran kita tunggu dan tentunya sambil menunggu hitungan manual dari KPU," sambungnya.

Bagaimana dengan TPS di sekitar Ponpes asuhan Gus Hans? Tak kalah telak. Dari 3 TPS, semuanya dimenangkan Prabowo-Gibran dengan selisih tebal.

Di TPS 16 Dusun Dukuan, Prabowo-Gibran meraup 117 suara, disusul Anies-Muhaimin 86, dan Ganjar-Mahfud 26. Lalu di TPS 14 Dusun Pesantren, Prabowo-Gibran meraih 130 suara, Anies-Muhaimin 50 suara, dan Ganjar-Mahfud 38 suara. Sedangkan di TPD 17 Dusun Rejoso, Prabowo-Gibran mengantongi 148 suara, Anies-Muhaimin 52, dan Ganjar-Mahfud 30.

Gus Hans menandaskan, hasil Pilpres ini merupakan kerja tim yang solid mulai dari Tim Kampanye Nasional (TKN)-Tim Kampanye Daerah (TKD), para relawan, terutama Jaga Nusantara yang beranggotakan para pengasuh pesantren se-Indonesia yang tak kenal memenangkan Prabowo-Gibran.

Menurutnya, para pengasuh pesantren Jaga Nusantara terlebih selama dua bulan ini gencar keliling menjalin silaturahmi di sekitar 43 kota/kabupaten untuk memperkuat ikatan.

Bicara tentang jaringan pesantren, tegas Gus Hans, maka ada para dzurriyah/keluarga pengasuh, para santri, alumni, serta para ustadz, guru, dan karyawan.

“Semua jaringan ini kita gunakan sebagai instrumen pemenangan, serta yang paling penting di setiap pesantren punya PR untuk membina dan penguatan TPS di desa masing-masing dengan target pencapaian yang jelas,” ucapnya.

Sedangkan Dewan Penasihat Jaga Nusantara, KH Luqman Haris Dimyathi alias Gus Luqman menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim dan masyarakat yang kompak memenangkan Prabowo-Gibran.

Pengasuh Ponpes Tremas Pacitan itu mengimbau agar semua pihak menahan diri, tidak melakukan hal-hal yang inskonstitusional, saling menghormati, demi menjaga kondusifitas hingga KPU mengeluarkan hasil resmi.

“Mari kembali menjaga kekompakan demi kemajuan bangsa Indonesia ke depan, jangan mudah dihasut dan dipecah belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena keselamatan bangsa jadi taruhanya,” ucap Gus Luqman.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.