Pilwali Surabaya Menghangat! Survei Sebut Dhani-Bayu Potensi Tumbangkan Eri-Armuji

| -
Pilwali Surabaya Menghangat! Survei Sebut Dhani-Bayu Potensi Tumbangkan Eri-Armuji
SURVEI: Baihaki Siratj, paparkan hasil survei terkAit Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Bakal calon penantang Eri Cahyadi-Armuji di Pilwali Surabaya 2024 mulai bermunculan. Dari sekian nama, elektabilitas simulasi pasangan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga paling potensial menumbangkan duet petahana.

Hal itu terpapar dari hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan di 31 kecamatan se-Kota Surabaya pada 20-27 Mei 2024. Survei menggunakan metode stratified multistage sampling dengan jumlah sampel 1.000 responden, margin of error lebih kurang 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Kalau simulasi yang sangat potensi untuk mengalahkan Eri-Armuji adalah Ahmad Dhani-Bayu Airlangga. Ini yang sangat berpotensi sekali,” terang Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Siratj saat memaparkan hasil survei lembaganya di Surabaya, Jumat (31/5/2024).

Bagaimana dengan Hadi Dediansyah? “Seandainya Dhani tidak nyalon, Bayu dengan Dediansyah, karena pemilihnya Dhani tidak pindah ke Eri tapi pindahnya ke Bayu-Dediansyah,” ucapnya.

BERHADAPAN: Simulasi head-to-head Ahmad Dhani-Bayu Airlangga versus Eri Cahyadi-Armuji. | Sumber: Survei ARCI

Soal indikator Dhani-Bayu berpotensi mengalahkan Eri-Armuji, menurut Baihaki terbilang banyak. Di antaranya tingkat popularitas Dhani yang tinggi, karena untuk mencapai elektabilitas harus populer dulu.

“Kemudian Bayu juga mulai banyak turun di masyarakat, terutama pinggiran. Ini timnya sudah mulai melakukan door to door, sehingga sudah diketahui masyarakat pinggiran,” katanya.

Selain itu, tandas Baihaki, Dhani merupakan representasi Partai Gerindra. “Sehingga begitu pemilih Gerindra yang kemarin disodorkan antara Ahmad Dhani dan Eri Cahyadi, lebih memilih Ahmad Dhani,” ucapnya.

Bagaimana dengan posisi PDIP, apakah berimbas ke Eri-Armuji untuk kembali berkontestasi di Pilwali Surabaya?

“Begini. Kalau kita melihat secara politik, kalau nanti koalisi di nasional PDIP tidak merapat terhadap pemerintahan, ini potensi dilawan. Bahkan tidak hanya di Surabaya, di beberapa daerah juga akan begitu,” katanya.

Baihaki menandaskan, banyak variabel kekuatan selain dari Parpol. Namun tidak bisa dipungkiri, pemilih Gerindra di Surabaya saat ini sedang bagus-bagusnya karena efek Pilpres 2024.{*}

| Baca berita Pilwali Surabaya. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.