PDIP Berupaya Dongkel Emil Dardak, Gibran: Sudah Sepaket dengan Khofifah!

| -
PDIP Berupaya Dongkel Emil Dardak, Gibran: Sudah Sepaket dengan Khofifah!
SEPAKET: Gubran Rakabuming Raka, Khofifah-Emil sudah sepaket di Pilgub Jatim. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah tak henti berupaya mendongkel Emil Elestianto Dardak sebagai pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pilgub 2024. Termasuk menyebut kelasnya bukan lagi Wagub tapi menteri.

Namun Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka menegaskan dirinya tak melirik Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu menjadi menteri di kabinetnya nanti karena sudah sepaket dengan Khofifah untuk bertarung lagi di Pilgub Jatim 2024.

“Pak Emil sudah satu paket dengan Bu Khofifah,” kata Gibran usai mampir ke rumah Khofifah di kawasan Jemursari, Surabaya, Kamis (6/6/2024). Jadi Emil tetap di Jatim? “Ya,” tegasnya.

Sebelumnya, Said mengatakan pihaknya tengah berkomunikasi agar kader PDIP bisa menjadi Cawagub Jatim berpasangan dengan Khofifah.

"Kami akan mendorong calon kami agar bisa mendapatkan tempat sebagai orang kedua,” kata politikus yang juga Ketua Banggar DPR RI itu di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Pendukung Khofifah-Emil : Gerindra (21 kursi), Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), PSI (1 kursi)
    Belum Tentukan Dukungan : PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), dan PKS (5 kursi)

“Kemarin kami kan sudah bertemu dengan PAN, sebelumnya dengan Gerindra. Bahkan kami pun sudah bertemu hati ke hati dengan Mas Emil Dardak," sambung Said.

Pertemuan dengan Emil, disebutnya bicara tentang Jatim, baik terkait Pilgub maupun Pilkada. Berarti meminta Emil agar mundur dari Cawagub pendamping Khofifah ? “Emil Dardak itu kelasnya sudah menteri kali ya," imbuh Said.

Sementara itu Khofifah usai menerima rekomendasi paket dari Partai Gerindra, Jumat (7/6/2024) menjelaskan, dirinya memang sudah dua kali bertemu dengan Said namun tidak sampai ada pembahasan usulan soal bakal Cawagub.

“Kita hanya cerita untuk Pilgub. Beliau tidak sampai menyampaikan, mungkin ada Cawagub, tidak sampai dibahas itu. Di media saya memang mengikuti, tapi bahwa sejauh kami berkomunikasi tidak sampai beliau menyodorkan nama Bacawagub, tidak sampai itu,” jelasnya.

Lagi pula, tandas Khofifah, rekomendasi yang diterimanya dari partai yang menyatakan mengusung sudah dalam satu paket dengan Emil. “Jadi ini sudah paket-paket,” katanya.

Hingga ini Khofifah-Emil sudah mengantongi 57 kursi partai di DPRD Jatim hasil Pileg 2024 untuk maju di Pilgub Jatim. Yakni Gerindra (21 kursi), Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), dan PSI (1 kursi).

Dengan demikian, masih ada 63 kursi yang belum menentukan calon. Rinciannya PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), dan PKS (5 kursi). Sedangkan syarat mengusung pasangan calon minimal 24 kursi (20%) dari total 120 kursi di DPRD Jatim.{*)

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.