Cak Nanto: Reaktivasi Jalur Kereta Langkah Berani Bupati Fauzi Kembalikan Kejayaan Madura, Harus Didukung!

| -
Cak Nanto: Reaktivasi Jalur Kereta Langkah Berani Bupati Fauzi Kembalikan Kejayaan Madura, Harus Didukung!
TAK ADA MATINYA: Bupati Fauzi, tak ada matinya perjuangkan reaktivasi jalur kereta Madura. | Foto: Barometerjatim.com/DIK

YOGYAKARTA, Barometer Jatim – Ikhtiar keras Bupati Sumenep, Achmad Fauzi terkait percepatan reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura makin banjir dukungan. Kali ini datang dari mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto alias Cak Nanto.

“Apa yang dilakukan Pak Bupati Achmad Fauzi penting dan harus didukung. Itu bagian dari upaya pengembangan dan percepatan kesejahteraan masyarakat Madura,” katanya di sela menghadiri Halal Bihalal Keluarga Madura Yogyakarta (KMY), Sabtu (3/6/2023) malam.

Selain itu, menurut Cak Nanto, apa yang dilakukan Bupati Fauzi dengan menyuarakannya langsung kepada pemerintah pusat merupakan langkah berani dan luar biasa.

Dia optimistis apa yang dilakukan Fauzi bisa mengembalikan kejayaan Madura, seperti yang pernah terjadi di masa lampau. “Sangat luar biasa keberaniaan Pak Bupati Achmad Fauzi, berupaya mengembalikan kejayaan Madura seperti zaman dahulu,” ucapnya.

Di sisi lain, Cak Nanto juga satu suara mengenai hadirnya kereta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madura. Menurutnya, mobilitas masyarakat Madura saat ini sudah sangat cepat. Namun opsi transportasi, terutama di darat, masih sangat terbatas.

Karena itu, dia menilai reaktivasi jalur kereta api menjadi opsi paling memungkinkan untuk menambah moda transportasi darat.

“Dengan kereta, orang akan lebih banyak datang ke Madura. Perdagangan di Madura juga akan meningkat. Sekarang (perniagaan) sudah di mana-mana, ekonomi juga mulai meningkat, maka kereta bisa mempercepat itu,” tandasnya.

Cak Nanto juga berharap Fauzi terus menyuarakan percepatan reaktivasi. Menurutnya, ikhtiar tersebut tidak boleh dikalahkan oleh stigma yang melekat terkait kekhawatiran sarana kereta api tak bertahan lama.

“Stigma kadang menggagalkan upaya besar. Saya berharap Pak Bupati tidak berhenti untuk menyadarkan masyarakat. Ini bagian dari usaha mengembalikan kejayaan Madura,” kata Cak Nanto.{*}

» Baca berita Sumenep. Baca tulisan terukur Syaiful Kusnan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur 

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.