Bursa Pilgub Jatim 2024: Mesin Politik Belum Bergerak, Bupati Fauzi Sudah Ngetop di Wilayah Eri Cahyadi!

| -
Bursa Pilgub Jatim 2024: Mesin Politik Belum Bergerak, Bupati Fauzi Sudah Ngetop di Wilayah Eri Cahyadi!
NGETOP DI SURABAYA: Bupati Fauzi, namanya cukup ngetop di kalangan masyarakat Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Nama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo rupanya cukup dikenal di kalangan masyarakat Surabaya, wilayah yang dipimpin Wali Kota Eri Cahyadi. Tingginya popularitas tersebut berdampak pada masuknya Cak Fauzi -- sapaan akrabnya -- dalam bursa Pilgub Jatim 2024.

Hal itu terpotret dari hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) yang digelar pada 20-30 Juni 2023 di 31 kecamatan Kota Surabaya yang dirilis Kamis (13/7/2023). 1.200 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling, margin of error kurang lebih 2,83%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi menuturkan, tingginya popularitas Fauzi di Kota Pahlawan membuat tokoh muda Madura itu menjadi salah satu kandidat potensial di Pilgub Jatim.

“Temuan SSC, elektabilitas Fauzi untuk pilihan gubernur mencapai 1,6%. Sedangkan untuk wakil gubernur, angkanya semakin tinggi mencapai 4,1%,” katanya, Jumat (14/7/2023).

| Baca juga:

Menurut Ikhsan, popularitas dan elektabilitas Fauzi di Surabaya masih bisa ditingkatkan, mengingat bupati yang juga Ketua DPC PDIP Sumenep itu belum melakukan kegiatan yang menggerakkan masyarakat Surabaya untuk memilih alias belum menggerakkan mesin politiknya.

“Kita tahu ada beberapa baliho dan stiker di Angkot (angkutan kota) yang memasang wajah Fauzi, namun kita masih harus menunggu gebrakan lainnya. Ini untuk mengonversi tingginya popularitas menjadi elektabilitas,” katanya.

Belakangan, Fauzi memang terlihat rajin menyosialisasikan keindahan pariwisata Sumenep ke wilayah lain di Jatim. Ada banyak media outdoor yang berisikan ajakan Fauzi untuk berwisata ke Sumenep.

| Baca juga:

Di sisi lain, usai ratusan masyarakat mendeklarasikan Relawan Cak Fauzi Jatim 2024, Angkot di wilayah Surabaya banyak dihiasi gambar Fauzi. Salah satu gambar yang terlihat bertuliskan Cak Fauzi Penerus M Noer, mantan Gubernur Jatim legendaris asal Madura.

Sementara itu Koordinator Relawan Cak Fauzi Jatim 2024, Asip Irama menandaskan, Fauzi layak meneruskan tongkat kepemimpinan M Noer.

“Selama belum ada penerus M Noer, maka Madura akan selalu terpinggirkan. Pembangunan belum merata, masyarakatnya selalu menjadi objek data penerima manfaat bantuan yang ujungnya jadi bancakan elite,” ujarnya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.