Tinjau SMAN Olahraga Jatim, Khofifah Soroti Banyak Sarana Prasarana yang Harus Diperbaiki!

| -
Tinjau SMAN Olahraga Jatim, Khofifah Soroti Banyak Sarana Prasarana yang Harus Diperbaiki!
SOROTI SARPRAS: Khofifah tinjau SMANOR Jatim, soroti soal sarana prasarana. | Foto: Barometerjatim.com/HPJ

SURABAYA | Barometer Jatim – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau SMA Negeri Olahraga (SMANOR) yang berlokasi di Sidoarjo, Selasa (14/11/2023). Kunjungannya kali ini untuk menginventarisir PR-PR bagi Pj (Pejabat) Gubernur Jatim setelah dirinya lengser pada 31 Desember 2023.

Kedatangan Khofifah ke salah satu sekolah unggulan milik Pemprov Jatim itu didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jatim sekaligus Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai; Kadispora Jatim, Moh Ali Kuncoro; dan Kadis PU Cipta Karya Jatim, I Nyoman Gunadi.

Dari tinjaunnya, Khofifah menyebut banyak sarana prasarana yang harus diperbaiki, direnovasi, dan bahkan diganti dengan yang baru. "Ini menjadi perhatian khusus bagi Pemprov, karena banyak prestasi terlahir dari tempat ini," ujarnya. 

| Baca juga:

Selain itu, lanjut Khofifah, ada sarana prasarana yang akan dibangun, di antaranya untuk cabang olaharaga (cabor) renang. "Insyaallah di bagian belakang akan dibangun kolam renang," ucapnya.

Ada pula cabor sepatu roda, yang dinilai Khofifah sudah sesuai standar international namun masih minimalis. Pun soal asrama siswa yang masuk dalam perhatian Khofifah. Catatan-catatan sarana prasarana tersebut akan dikaji untuk diprioritaskan dan disesuaikan dengan kemampuan APBD.

"Saya berharap mereka bisa beristirahat dengan suasana convenience (nyaman). Tentu suasana hati, pikiran, dan energi bisa lebih produktif lagi," terangnya.

Kemudian, lanjut Khofifah, cabor unggulan lain yaitu voli pantai dan sepak takraw. Menurutnya, beberapa cabor yang menjadi unggulan dan kekuatan bisa terus dimaksimalkan dengan tetap menyiapkan sarana prasarana yang lain dengan mengganti total. Misalnya untuk panjat tebing, sarana prasarananya harus diganti.

| Baca juga:

"Beberapa sarpras sekolah banyak yang harus dilakukan assesment. Maka selain Pak Kadispora hadir dan Kadindik sarpras di sini ada Pak Nyoman Kadis PU Cipta Karya Jatim. Ini bisa menghitung mana yang diprioritaskan sesuai kebutuhan yang paling mendesak di SMANOR, karena Puslatda sebagian besar dilakukan SMANOR," jabarnya.

Sementara itu Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai menyebut dengan memiliki sarana prasarana olahraga yang memadai, siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan siswa dan membantu mereka menjaga kesehatan.

"Sarana prasarana olahraga di sekolah dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan atau cedera selama berolahraga. Sesuai arahan Bu Gubernur, kami akan memperhatikan dan melaksanakan apa yang menjadi perhatian Bu Gubernur untuk kemajuan pendidikan Jatim, salah satunya prestasi di bidang olahraga," jelas Aries.{*}

| Baca berita Korupsi Pemprov Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.