ARCI: Elektabilitas Khofifah Tertinggi karena yang Lain Belum Bergerak!

| -
ARCI: Elektabilitas Khofifah Tertinggi karena yang Lain Belum Bergerak!
BELUM BERGERAK: Baihaki Siratj paparkan hasil survei ARCI, calon lawan Khofifah belum bergerak. | Foto: ARCI

SURABAYA | Barometer Jatim – Elektabilitas petahana Khofifah Indar Parawansa belum tergoyahkan di bursa Cagub Jatim 2024. Dari hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) angkanya mencapai 42,1%. Jauh di atas peringkat dua, Anwar Sadad 13,8%, bahkan kandidat lain tak sampai menyentuh 12%.

Inikah sinyal Khofifah akan mudah memenangi Pilgub Jatim 2024? Menurut Direktur ARCI, Baihaki Siratj hal itu sangat tergantung bagaimana Khofifah bisa mempertahankannya hingga pelaksanaan Pilgub Jatim, 27 November 2024. Terlebih kandidat lain belum bergerak.

“Untuk saat ini memang tertinggi, yang lain masih hampir tidak ada pergerakan. Tatkala nanti yang lain bergerak, maka potensi bisa turun atau bisa naik,” kata Baihaki, Kamis (16/5/2024).

“Jadi tergantung dari kontestasi, siapa yang akan dimunculkan oleh partai yang nanti akan mengusung Cagub selain Khofifah,” sambungnya.

  • PARPOL DI PILGUB JATIM 2024
    Dukung Khofifah: Gerindra (21 Kursi), Golkar (15), Demokrat (11), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PPP (4), PSI (1).

Meski secara elektoral Khofifah saat ini tertinggi, Baihaki melihat bursa Cahub Jatim tetap dinamis karena setidaknya tiga partai -- PKB, PKS, dan Nasdem -- masih potensi tidak mengusung perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat sejak 2000 (24 tahun) tersebut.

“Begitu kami analisa tentang temuan-temuan ini, maka Pilgub Jatim berpotensi ada dua pasangan. Meskipun saat ini elektabilitas Khofifah sudah melampaui, bahkan ada di angka 49% (untuk simulasi 3 nama),” ucapnya.

Dalam survei ARCI untuk simulasi 6 nama bakal Cagub, elektabilitas Khofifah berada di angka 42,1%. Kemudian ada nama Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad di angka 13,8%.

Disusul Bupati Sumenep yang juga kader PDIP, Achmad Fauzi 11,2%. Lalu Ketua DPD Partai Ketua Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji 10,9%, mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7%, Menaker RI Ida Fauziyah 9,2%, dan 1,1% responden tidak tahu/tidak menjawab.

Sedangkan dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Khofifah menguat di angka 49,3%. Lalu Kiai Marzuki Mustamar 20,5%, Anwar Sadad 17,7%, dan 12,5% responden belum menentukan pilihan.

Elektabilitas Khofifah bahkan kian menguat dalam simulasi head to head antara Khofifah melawan KH Marzuki. Eks Menteri Sosial itu di angka 59,5%, Kiai Marzuki 23,7%, dan 16,8% responden belum menjawab/belum menentukan pilihan.

Survei ARCI dilakukan pada 1-10 Mei 2024 dengan jumlah responden 1.200, menggunakan metode stratified multistage random sampling. Margin of error lebih kurang 2,8% pada tingkat kepercayaan 95% dan sebanyak 25% kuesioner dilakukan quality control.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.