Bimtek Dinkop UKM Jatim Jadi Ajang Kampanye Dukung Khofifah di Pilgub 2024, PKB Murka: Keblinger!

| -
Bimtek Dinkop UKM Jatim Jadi Ajang Kampanye Dukung Khofifah di Pilgub 2024, PKB Murka: Keblinger!
KERAS: Fauzan Fuadi respons keras Bimtek Dinkop UKM Jatim dijadikan ajang kampanye Cagub. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jatim, Fauzan Fuadi merespons keras terkait acara Bimtek Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Jatim yang dijadikan ajang kampanye mendukung incumbent Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024.

“ASN harusnya netral. Sangat-sangat disayangkan, oknum ASN Dinkop Jatim dalam kegiatan Bimtek yang dibiayai oleh APBD malah menyalahgunakannya untuk mengkampanyekan Cagub,” geramnya, Selasa (4/6/2024).

Iki wes keblinger (ini sudah sesat). Tujuannya apa? Cari muka untuk calon yang didukungnya ta? Itu melukai perasaan rakyat lho, bisa masuk pidana Pemilu,” geramnya.

Karena itu, politikus yang juga Bendahara DPW PKB Jatim tersebut sedang mengkaji dan mempertimbangkannya untuk melaporkan ke pihak yang berwenang.

“Serius, kita akan melaporkan ini agar menjadi pembelajaran bagi ASN lain di lingkungan Pemprov Jatim agar tidak bermain-main dengan jabatannya,” kata Fauzan.

“Digaji dari uang rakyat agar jujur dan taat dengan sumpahnya sebagai pamong rakyat, bukan malah seenaknya sendiri,” tandasnya.  

Kadinkop UKM Bungkam

Sebelumnya, beredar video di media sosial serta grup-grup WhatsApp (WA) yang memperlihatkan acara Bimtek Dinkop UKM Jatim menjadi ajang kampanye dukungan untuk Khofifah.

Bahkan Fauzan turut mengunggahnya lewat status WA-nya, Senin (3/6/2024), sembari memberi caption: Opo-opoan iki.. (Apa-apaan ini)

Video dinarasikan: Khofifah kampanye gunakan uang rakyat; APBD Jatim disalahgunakan untuk kampanye dengan dibungkus Bimtek usaha KUKM; Kejadian ini sangat disayangkan; APBD digunakan untuk kepentingan pribadi pejabat; APBD harusnya digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, bukan satu kelompok semata.

Acara yang didominasi ibu-ibu tersebut juga diisi beberapa pemateri yang belum diketahui namanya, namun salah seorang pemateri menjelaskan bahwa Khofifah akan berlaga di Pilgub Jatim 2024 dan mengajak memberikan dukungan.

JOGET KAMPANYEKAN KHOFIFAH: Bimtek Dinkop UKM Jatim dijadikan ajang kampanye dukung Khofifah. | Foto: IST

“Mudah-mudahan diberi kelancaran, mudah-mudahan diberi kemenangan yang besar. Mendapatkan dukungan dari masyarakat seluruh Jawa Timur dan mendapatkan suara yang tebal,” katanya.

Setelah itu, video berubah ke frame lain yang diberi tulisan sekaligus sindiran menohok, “Hasil produk Bimtek: Habiskan uang rakyat untuk perut Timses Khofifah bisa joget-joget”.

Tampak sejumlah perempuan yang hadir dalam Bimtek, sambil berjoget menyanyikan lagu yang dipakai Khofifah dan timnya saat Pilgub Jatim 2018: Khofifah Wae, Ojo Liyane!

Salah seorang ibu, kemudian meneriakkan yel-yel dukungan, “Khofifah..?” yang serentak dijawab ibu-ibu lainnya, “Gaspoll..!”. “Khofifah menang, menang, menang, yes!”

Apa reaksi Kepala Dinkop UKM Jatim, Andromeda Qomariah? Saat dihubungi Barometer Jatim masih bungkam tak memberi respons.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.