Survei SSC Elektabilitas Cagub Jatim: Eri Cahyadi Menyeruak, Emil Dardak Lewat!

| -
Survei SSC Elektabilitas Cagub Jatim: Eri Cahyadi Menyeruak, Emil Dardak Lewat!
BURSA CAGUB JATIM: Nama Eri Cahyadi menyeruak di antara Khofifah dan Risma. | Sumber: Survei SSC

SURABAYA, Barometer Jatim – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mulai menyesaki bursa Cagub Jatim 2024. Dari hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) di 31 kecamatan di Kota Pahlawan, kader PDIP itu menyeruak di antara Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini alias Risma, bahkan melewati Emil Elestianto Dardak.

Survei SSC digelar 1-10 Januari 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Hasilnya, elektabilitas Eri mencapai 17,0%, menempel Risma (18,8%), bahkan melewati Emil Dardak (15,6%). "Memang Khofifah masih memuncaki hasil survei elektabilitas di Jatim dengan 33,5%, dan sisanya, Saifullah Yusuf 4,0%," kata peneliti senior SSC, Surokim Anbdussalam saat pemaparan hasil survei, Kamis (12/1/2023).

Meski demikian, Surokim mengatakan jika ceruk di masyarakat Surabaya masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa Cagub.

“Karena di survei elektabilitas Cagub masih ada 1,7% menjawab lainnya dan sebanyak 9,4% masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir,” tandas Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Sementara untuk elektabilitas Capres, Ganjar Pranowo masih menjadi favorit di Surabaya. Gubernur Jateng itu memuncaki perolehan elektabilitas pilihan presiden dengan angka 34,6%.

“Untuk Surabaya, elektabilitas Ganjar sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat, jauh melampaui nama-nama kandidat lain seperti Prabowo Subianto, Tri Rismaharini atau Anies Baswedan,” kata Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi.

Di survei elektabilitras, Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 16,3%, serta Tri Rismaharini 10,7%, Anies Baswedan memeroleh 9,3%. Sedanghkan nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,9%, Puan Maharani 3,5%, Erick Thohir dengan 3,3%, diikuti Ridwan Kamil dengan 3,2%, Sandiaga Uno 2,0%.

“Kemudian ada Gubernur Jatim, Khofifah dan Andika Perkasa yang keduanya 1,4%, Airlangga Hartarto dengan 1,3%, Mahfud MD 0,8%, Muhaimin Iskandar 0,6%. Sementara yang menjawab lainnya ada 0,8%", jelasnya.

Meski demikian, Ikhsan mengungkapkan jika ceruk di masyarakat Surabaya untuk bursa Capres masih terbuka. Di survei elektabilitas kali ini 6,9% memilih tidak tahu dan tidak menjawab, yang berarti masih menyisakan ceruk yang  potensial yang masih dapat diperebutkan kedepannya.

“Mengingat Pilpres masih di tahun 2024, walaupun jika melihat jarak angka elektabilitas Ganjar dengan kandidat lain yang sangat lebar, ceruk ini tidak akan terlalu signifikan berpengaruh,” ucapnya.{*}

» Baca berita terkait Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan.