Daftarkan 120 Bacaleg, PDIP Target Kuasai 44 Kursi DPRD Jatim!

| -
Daftarkan 120 Bacaleg, PDIP Target Kuasai 44 Kursi DPRD Jatim!
TARGET 44 KURSI: PDIP Jatim daftarkan 120 Bacaleg ke KPU Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – PDI Perjuangan mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Jatim, Kamis (11/5/2023). Tak tanggung-tanggung, bakal calon wakil rakyat yang didaftarkan sebanyak 120 orang atau 100 persen.

“Jadi calon yang kita usung, yang kita daftarkan total 100 persen yaitu 120 calon DPRD Jatim. Jadi Calegnya jumlahnya seperti maksimal yang diizinkan oleh undang-undang,” kata Pelaksana Harian (Plh) DPD PDIP Jatim, Budi Sulistyono.

Politikus kawakan yang akrab disapa Kanang itu juga memastikan 30 persen Bacaleg keterwakilan perempuan terpenuhi. “Oh terpenuhi, 30 persen bahkan bisa lebih,” tegasnya.

Soal target, kata Kanang, PDIP mengincar 37 persen atau sekitar 44 kursi DPRD Jatim atau naik 17 kursi dari raihan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

“Ini yang kita targetkan, sehingga menjadi kerja keras kita bersama untuk meyakinkan masyarakat bahwa PDIP layak dipercaya untuk menjadi wakil-wakilnya masyarakat Jatim,” katanya.

Suguhkan Pawai Budaya

Di sisi lain, pendaftaran Bacaleg PDIP berlangsung cukup meriah karena diantar ratusan kader dan simpatisan lewat pawai budaya.

“Caleg wajib hadir kecuali ada penugasan lain. Kemudian yang mengantar itu dari berbagai kelompok, ada komunitas seni, budaya, milenial, teman-teman relawan, jadi berbagai komunitas. Mereka memang ingin mengantar walaupun sudah kita batasi,” terang Kanang.

Lewat pawai budaya ini, jelas Kanang, kesan yang diambil yakni bahwa PDIP sebagai partai nasionalis Bung Karno betul-betul nasionalis dan mengerti tentang budaya.

“Tentang keragaman bangsa kita ini ada di PDIP. Itu yang menjadi kesan utamanya, menjadi rumah besar kaum nasionalis, religius, dan budayawan,” pungkasnya.{*}

» Baca berita Pemilu 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.