Sekjen PBNU Bolak-balik Sebut “2” di Acara Jatim Bershalawat #2, Kode Ajak Jamaah Pilih Prabowo-Gibran?

| -
Sekjen PBNU Bolak-balik Sebut “2” di Acara Jatim Bershalawat #2, Kode Ajak Jamaah Pilih Prabowo-Gibran?
2 JARI: Gus Ipul dan Kiai Anwar Iskandar menunjukkan 2 jari saat acara Jatim Bershalawat #2. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Tagar 2 di acara Jawa Timur bershalawat #2 di Jatim Expo Surabaya, Kamis (28/12/2023) malam, menjadi sorotan. Terlebih acara diselenggarakan dalam suasana kampanye Pilpres 2024 dan di tengah tudingan mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdus Salah Sohib alias Gus Salam yang menyebut pengurus teras PBNU (Rais Aam, Wakil Rais Aam, Ketum, dan Sekjen) mengarahkan pengurus PCNU ke Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Dari panggung acara yang dihadiri ribuan jamaah tersebut, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menjelaskan latar belakang acara yang secara teknis di-handle PCNU Surabaya itu. Namun dalam penjelasannya, Gus Ipul malah bolak-balik menyebut "2".

"Yang pertana, disebut Jatim bershalawat ke-2. Kenapa? Karena Jatim Bershalawat pertama sudah diselenggarakan di Gedung Grahadi pada beberapa bulan yang lalu. Ini adalah Jatim Bershalawat jilid?" tanyanya yang dijawab jamaah dengan koor, "2".

| Baca juga:

Meski sudah dijawab, Gus Ipul masih saja mengulangi pertanyaannya, “Jilid?” dan kembali dijawab “2”. “Jilid?" tanya Gus Ipul lagi yang lagi-lagi dijawab jamaah “2”. “Jilid ke-2" timpal Gus Ipul mempertegas.

Sebelum pria yang juga Wali Kota Pasuruan itu melanjutkan, terlihat Habib Syekh menyampaikan sesuatu namun tak terdengar jelas yang dijawab Gus Ipul,” "Jilid, ya ke-2 Bib," katanya. Habib Syekh pun hanya tersenyum kecil sambil mengelus-elus janggutnya.

Kue Kotak 2 Rasa

Berikutnya, lanjut Gus Ipul, ada 2 latar belakang -- sambil memberi penekanan pada kata ada 2 dan beberapa orang di panggung terlihat tersenyum.

“Yang pertama kita ingin malam ini bersama-sama dipimpin Habib Syekh untuk bershalawat sekaligus berdoa kepada Allah Swt. Mudah-mudahan Indonesia makin maju, makin sukses, makin makmur, dan Pemilu yang akan datang berjalan lancar,” katanya.

Lalu latar belakang ke-2, ucap Gus Ipul, sebenarnya acara ini dimaksudkan untuk memberikan iringan doa buat Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang akan menuju periode ke-2.

“Jadi mudah-mudahan lancar jalan menuju periode ke?” tanya Gus Ipul ke jamaah yang dijawab “2”. “Periode ke?” tanya Gus Ipul lagi dan kembali dijawab “2”. “Alhamdulillah paham,” sambung Gus Ipul.

| Baca juga:

“Sementara sebagai penyelanggara akan menyampaikan 2 hal,” lanjut Gus Ipul. Sebelum melanjutkan, Ketua Umum Majalis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Iskandar yang duduk di sebelahnya menyela dengan menunjukkan 2 jari yang disambut Gus Ipul dengan menunjukkan 2 jari pula. “2 hal, ada 2 hal,” katanya.

Pertama, penyelenggara mengucapkan terima kasih. Meski waktunya singkat tapi bisa menyelenggarakan acara dengan lancar,  sukses, kendati jamaah yang berada di luar gedung kehujanan. Ke-2, minta maaf kalau ada hal-hal yang kurang berkenan.

Mantan Wakil Gubernur Jatim itu juga menyinggung soal bantuan kue kotak dari Khofifah. "Dan dipilihkan juga oleh Ibu Gubernur roti yang 2 rasa, alhamdulillah terima kasih atas kebaikan Ibu Gubernur,” ucap Gus Ipul yang disambut ger-geran jamaah.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.