Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan 23-24 Maret, Disbudporapar: Ajak Keluarga, Dijamin Meriah!

| -
Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan 23-24 Maret, Disbudporapar: Ajak Keluarga, Dijamin Meriah!
ILUSTRASI: Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan 23-24 Maret dikonsep lesehan. | Foto: Barometerjatim.com/HPS

SURABAYA | Barometer Jatim – Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) kembali menghadirkan event menarik di bulan Ramadhan 2024. Kali ini, mengajak masyarakat untuk ngabuburit sembari menikmati hiburan di Tugu Pahlawan Surabaya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum dan Gedung Seni Budaya Disbudporapar Kota Surabaya, Saidatul Maknunah menuturkan event tersebut bertajuk "Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan" yang digelar pada 23-24 Maret 2024. Kegiatan melibatkan peran serta masyarakat, baik sebagai produsen, penjual, maupun pengisi hiburan.

"Kegiatan ngabuburit ini untuk meningkatkan geliat wisata selama bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, baik dari aspek religi, ekonomi, sosial, dan budaya," katanya, Jumat (15/3/2024).

Event tersebut, lanjut Saida, terbuka bagi masyarakat umum. Pengunjung cukup membayar Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000 untuk masuk ke area. "Konsep acaranya kita buat lesehan, kita juga ada hiburan musik sebelum acara ngabuburit, ada juga nanti kultum," ujarnya.

Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan dibuka pukul 15.00-22.00 WIB. Dengan konsep lesehan, pengunjung dapat menikmati suasana santai dan bercengkrama bersama keluarga dan teman-teman sambil menunggu waktu berbuka puasa.

KULINER: Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan, pengunjung bisa menikmati beragam kuliner. | Foto: Barometerjatim.com/HPS

Selama acara berlangsung, pengunjung juga dapat menikmati beragam kuliner di sejumlah tenant yang tersedia di area Ngabuburit Tugu Pahlawan. Saida menyebut, setidaknya ada 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya yang terlibat dalam event ini.

"Jadi pengunjung bisa ngabuburit sambil menikmati kulineran produk UMKM, seperti makanan atau minuman. Untuk pembayarannya bisa melalui cash atau menggunakan QRIS," imbuhnya.

Selain bazar UMKM, ada pula Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menjual berbagai kebutuhan bahan pokok seperti sembako dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan juga dimeriahkan hiburan berupa musik akustik dan ludruk kontemporer.

"Untuk tanggal 23 Maret ada pertunjukan ludruk kontemporer. Sedangkan di tanggal 24 Maret, ada pertunjukan musik akustik bernuansa religi dan sebagainya," sebutnya.

Menariknya, di event ini, Museum Tugu Pahlawan sekaligus dibuka pada malam hari. Karenanya, selain ngabuburit, pengunjung juga dapat melihat koleksi dan mempelajari sejarah perjuangan bangsa melalui Museum Tugu Pahlawan.

"Museum Tugu Pahlawan kami buka hingga pukul 21.00 WIB, dengan harga tiket Rp 8.000," tuturnya.

Saida menargetkan lebih dari 1.000 pengunjung hadir dalam event Ngabuburit Asik di Tugu Pahlawan. Dia berharap, event ini dapat menjadi alternatif kegiatan ngabuburit yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Untuk semua masyarakat Surabaya dan sekitarnya, jadi jangan lupa di tanggal 23-24 Maret di Monumen Tugu Pahlawan ada acara Ngabuburit Asik. Monggo (silakan) datang bersama-sama keluarga untuk meramaikan," ajaknya.{*}

| Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.