Dilantik Jadi Ketua Percasi Jatim, 'Kuda Hitam' Pilgub Jatim 2024 Cak Fauzi Gelorakan Program 1 Pesantren 1 Atlet

| -
Dilantik Jadi Ketua Percasi Jatim, 'Kuda Hitam' Pilgub Jatim 2024 Cak Fauzi Gelorakan Program 1 Pesantren 1 Atlet
MEMBUMIKAN CATUR: Utut Adianto lantik Achmad Fauzi jadi Ketua Percasi Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo atau akrab diapa Cak Fauzi dilantik sebagai Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023).

Usai dilantik, Cak Fauzi yang disebut-sebut sebagai 'kuda hitam' di Pilgub Jatim 2024 itu segera keliling Jatim demi membumikan kembali catur. Terlebih, katanya, Jatim sejatinya memiliki potensi atlet-atlet catur yang mumpuni.

Bahkan, Cak Fauzi telah menyiapkan program “1 Pesantren 1 Atlet” demi menjaring bibit-bibit dan talenta-talenta baru atlet catur.

Insyaallah setelah dilantik, saya dan pengurus akan menggelorakan olahraga catur agar kembali mendapat panggung. Salah satu caranya melalui program 1 Pesantren 1 Atlet,” katanya.

Menurut Cak Fauzi, program 1 Pesantren 1 Atlet merupakan bagian dari usaha Percasi Jatim dalam menggelorakan olahraga catur pada anak-anak muda.

| Baca juga:

“Kita harus buat olahraga catur ini tidak terkesan membosankan, tapi bisa dinikmati semua kalangan, termasuk anak-anak muda,” ucapnya.

Mengapa yang disasar pesantren? Menurut Cak Fauzi, pendidikan agama memiliki siswa dengan jumlah fantastis di Jatim. Karenanya, kelebihan tersebut harus jadi momentum untuk berkolaborasi demi kepentingan catur Jatim.

Nah, lewat program 1 Pesantren 1 Atlet, Cak Fauzi menyatakan sektor pembinaan kepada talenta-talenta baru yang berasal dari pendidikan keagamaan akan menjadi prioritas Percasi.

“Ini muaranya pada pengembangan anak-anak kita, agar bisa semakin berprestasi di Jawa Timur,” katanya.

Jatim Gudangnya Pecatur

BANGUN CATUR JATIM: GM Utut Adianto minta Cak Fauzi gelar turnamen sebulan sekali. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Percasi, Grand Master (GM) Utut Adianto mengatakan, Jatim merupakan gudangnya pecatur. Bahkan kualifikasinya bukan hanya Asia tapi juga dunia. Karenanya, PB Percasi akan bersama Cak Fauzi membina atlet-atlet demi masa depan catur.

“Kita akan datangkan pelatih terbaik dari Rusia, untuk perempuan satu putra satu. Mereka akan dilatih selama satu bulan secara gratis,” katanya.

| Baca juga:

Ke depan, Utut berharap Cak Fauzi menggelar turnamen di Jatim setidaknya satu bulan sekali. Meski hadiahnya tak besar, tapi dengan konsisten akan mampu melahirkan atlet-atlet baru.

“Catur di Jatim harus menjadi pusat kejayaan di bawah pimpinan Cak Fauzi. Karenanya, turnamen dan pelatihan harus konsisten,” imbau Utut.{*}

| Baca berita Percasi Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.